APA ITU MUTU ?
·
Mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (full
customer satisfaction). Suatu produk bermutu apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen (Feigenbaum)
·
Mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia
proses dan tugas serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
·
Meskipun tidak ada definisi mengenai mutu yang diterima secara universal,
namun dari kelima definisi di atas terdapat beberapa persamaan, yaitu dalam
elemen-elemen sebagai berikut:
o Mutu mencakup usaha memenuhi
atau melebihi harapan pelanggan
o Mutu mencakup produk, tenaga
kerja, proses dan lingkungan
o Mutu merupakan kondisi yang
selalu berubah
Pentingnya Mutu?
Mutu merupakan salah satu kebijaksanaan penting dalam meningkatkan daya
saing produk yang harus memberi kepuasan melebihi atau paling tidak
sama dengan produk pesaing. Mutu produk merupakan salah satu unsur utama dalam
bauran pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa
pasar
Dimensi Mutu
n Performa
n Keistimewaan (feature)
n Keandalan (reliability)
n Konformasi (conformance)
n Daya tahan (durability)
n Kemampuan pelayanan (service
ability)
n Estetika
n Kualitas yang dirasakan (perceived
quality)
Perspektif Mutu
q Transcendental approach
q Product-based approach
q User based approach
q Manufacturing based approach
q Value based approach
Evolusi Mutu
n Budaya Non Mutu
n Inspeksi Mutu
n Pengendalian Mutu
n Jaminan Mutu
n Manajemen Mutu Terpadu (TQM)
0 komentar:
Posting Komentar